Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Android - Tutorial Android


Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Android - Apakah kamu pernah mengalami gagal mengintsal aplikasi di hp android kamu? Hal ini pasti akan sangat membuat kita merasa kesal, apalagi kalau aplikasi yang tidak bisa di install memang samgat kita butuhkan untuk membantu mengerjakan tugas kita.

Kenapa Tidak Bisa Install Aplikasi Di HP Android?

Untuk mengetahui cara mengatasi tidak bisa install apk di android, alangkah baiknya kita harus mengetahui dulu, alasan apa saja yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Berikut ini merupakan beberapa masalah yang sering jadi penyebab aplikasi tidak bisa di install di android.

    1. Memori penuh
    2. Versi android tidak mendukung
    3. Aplikasi tidak dapat dipasang karena berasal dari sumber yang tidak dipercaya
    4. Ukuran file yang terlalu besar
    5. Android tidak bisa install aplikasi dari Google Play karena sistem error
     6. Dan masih banyak lagi

Bagaimana cara mengatasi tidak bisa menginstal aplikasi di HP Android?

Nah, kalau kamu mengalami masalah seperti diatas atau tidak bisa menginstall aplikasi, kamu bisa mempraktekan beberapa cara dibawah ini.

1. Mengatasi tidak bisa install aplikasi karena Memori Internal Penuh
Jika aplikasi baru tidak bisa di install mungkin penyebabnya adalah ruang memori kosong yang tersedia sudah tidak mencukupi. Saat kondisi memori internal sudah penuh, biasanya akan muncul notifikasi saat mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Tapi, alasan yang mungkin membuat kamu bingung adalah ketika proses awal pengunduhan aplikasi selalu tertunda dan tidak ada notifikasi apapun di layar Android Anda.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan jika tidak bisa install aplikasi karena memori penuh:

Hapus data cache aplikasi. Gunakan aplikasi cleaner atau sejenisnya untuk membersihkan cache aplikasi, sampah sistem, dan berkas sisa secara berkala. Selain untuk meningkatkan kinerja, langkah ini juga bisa membebaskan sebagian memori internal smartphone Android kamu.
Jika dirasa masih belum cukup, hapus beberapa aplikasi yang sudah lama tidak terpakai guna membuka space untuk menginstal aplikasi baru. Kalau perlu, hapus juga file gambar atau video yang kamu anggap tidak penting

Jika memungkinkan (ada modal), gunakan memori eksternal untuk menyimpan semua file, baik apk, gambar, video dan lainnya. Jadi kamu tidak perlu menghapus aplikasi yang mungkin masih berguna di kemudian hari.

2. Cara mengatasi tidak bisa install apk karena Versi Android Tidak Mendukung
Salah satu alasan kenapa aplikasi tidak bisa di install di Android kamu adalah karena versi android yang kamu gunakan tidak di dukung. Jika kamu menginstall aplikasi dari Google Play Store, maka di setiap halaman aplikasi, biasanya ada informasi mengenai versi android yang di dukung.

Untuk menghindari masalah ini, ada baiknya sebelum mulai menginstall suatu aplikasi, pastikan dulu bahwa aplikasi tersebut cocok diterapkan di HP Android kamu.

3. Cara mengatasi Aplikasi tidak bisa di install karena sumber yang tidak dipercaya
Pada saat pemasangan aplikasi selain dari Google Play Store (pihak ketiga), entah itu dari situs penyedia apk, atau melalui fitur berbagi file seperti SHAREit. Terkadang muncul notifikasi bahwa "Aplikasi gagal di install karena berasal dari sumber yang tidak dipercaya".

Agar bisa install aplikasi dari sumber tidak dipercaya/dikenal. Pastikan HP Android Anda disetel untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari pihak ketiga. Caranya:

    Buka Setelan > Keamanan > Sumber tidak dikenal


4. Cara mengatasi tidak bisa menginstal aplikasi berukuran besar
Di Google Play Store, secara default kamu akan diminta untuk mendownload menggunakan Wi-Fi untuk aplikasi berukuran besar. Alhasil, aplikasi tidak bisa di download jika kamu sedang tidak terhubung ke Wi-Fi.

Nah, untuk mendownload aplikasi berukuran besar, pastikan kamu membuang tanda centang disamping “Download melalui wifi saja” pada notifikasi yang muncul. Kemudian klik "Lanjutkan" untuk memulai proses pengunduhan aplikasi menggunakan data seluler.

5. Cara mengatasi tidak bisa install aplikasi akibat Sistem Error
Jika kamu tidak bisa install aplikasi dari Google Play Store, bisa jadi karena Google Play Store kamu mengalami error.

Salah satu cara yang bisa kamu tempuh untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menghentikan Google Play Store secara paksa.
Cara ini biasanya cukup ampuh agar Google Play Store bisa digunakan kembali untuk menginstall aplikasi.

Berikut adalah cara menghentikan Google Play Store.
    Buka Setelan > Aplikasi Terinstall > Google Play > Hentikan Aplikasi

Selain bisa mengatasi aplikasi Google Play Store yang error dengan cara menghentikannya, kamu juga bisa menghapus datanya.
Menghapus data Google Play tidak akan menghapus aplikasinya, hanya menghapus datanya saja. Jadi aman.
Untuk menghapus data Google Play Store, kamu bisa mengikuti caranya dibawah ini:
    Buka Setelan > Aplikasi Terinstall > Google Play > Hapus Data Aplikasi

Cara Alternatif
Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan tapi masih belum bisa menginstall aplikasi juga, baik dari Google Play maupun pihak ketiga, maka kamu wajib mencoba jurus pamungkas berikut ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Android - Tutorial Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel