Cara Screenshot Laptop dan PC Tanpa Aplikasi di Windows 7


Cara screenshot di laptop dan pc tanpa aplikasi – berikut ini adalah ulasan tentang bagaimana cara mengambil screenshot di laptop atau pc. Mungkin diantara kamu belum mengetahuinya dan mengambil screenshot menggunakan aplikasi atau software, padahal ternyata tidak perlu software untuk megambil screenshot di laptop.

Seperti beberapa cara berikut ini:
1. Print Screen
Dalam metode ini, screenshot yang dihasilkan berupa tampilan layar secara utuh.
Tekan tombol Print Screen (atau Fn + PrtScn). Setelah ditekan, screenshot akan tersimpan di dalam memori komputer. Untuk menampilkan dan menyimpannya, kamu harus paste screenshot tersebut di editor gambar (misalnya, Paint). Selain itu screenshot juga bisa dipaste ke aplikasi office seperti Microsoft Word atau LibreOffice Writer.

2. Alt + Print Screen
Kombinasi tombol ini akan menghasilkan screenshot dari jendela yang sedang aktif.
Caranya sama seperti di atas. Tekan Alt + Print Screen (atau Fn + Alt + Screen), lalu paste di editor gambar seperti Paint untuk kemudian disimpan.
Metode ini bisa dilakukan di Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

3. Logo Windows + Print Screen
Mungkin metode inilah yang paling praktis. Disini kamu hanya perlu menekan tombol logo Windows + Print Screen, lalu screenshot akan otomatis disimpan di dalam folder. Tidak perlu di-paste lagi.
Saat screenshot diambil, layar akan berkedip. Setelah itu screenshotnya bisa kamu cek di folder Pictures > Screenshots.
Cara ini hanya berlaku di Windows 10 dan 8

4. Logo Windows + Shift + S
Yang satu ini merupakan fitur region capture yang baru di Windows 10 (pada saat artikel ini dibuat). Setelah shortcut ditekan, layar akan sedikit memutih dan panah mouse berubah menjadi tanda plus. Tahan tombol kiri mouse lalu seret untuk mengambil screenshot. Hasilnya langsung tersimpan di folder Pictures > Screenshot.

5. Snipping Tool
Aplikasi bawaan ini bisa ditemui di Windows 7, 8 dan 10. Cara mengambil screenshotnya lebih bebas karena menyediakan 4 mode capture. Plus, ada editornya untuk memberi anotasi pada screenshot.
Snipping Tool bisa dicari melalui fitur search di Windows

Nah itu dia beberapa cara mengambil screenshot di laptop atau pc, ternyata mudahkan? Tidak perlu repot-repot mengunuh aplikasi lagi, kita bias memanfaatkan fitur bawaan dari laptop itu sendiri. Semoga bermanfaat ya teman-teman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Screenshot Laptop dan PC Tanpa Aplikasi di Windows 7"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel